Apa tujuan kamu menulis???



“Sebenernya apa sih yang membuat kamu nulis?”. Pertanyaan seperti itu kadang muncul dalam diri saya sendiri. Atau kadang orang lain juga bertanya kepada saya seperti itu.

Buat saya, menjawab pertanyaan seperti itu ibaratnya seperti debat dengan cewek. Ga ada benernya. Dijawab model apapun pasti akan timbul pertanyaan-pertanyaan lagi. Kadang jawaban yang saya berikan cuma senyuman, senyum kecut yang seakan saya paksakan dan berharap penasaran mereka terpuaskan. Sampai sekarang ini saya kira jawaban seperti itu masih cukup berhasil membuat mereka diam. Entah itu Diam karna puas atau karna males ngobrol dengan orang budeg yang bisanya senyum saya tidak tahu. Yang penting mereka diam dulu. 😁

Jika jawaban seperti itu bisa saya berikan untuk orang lain, lain cerita untuk diri saya sendiri. Pertanyaan apa tujuan kamu menulis seperti itu kadang membuat saya linglung. 😫

Saya mulai mengenal blog dari 2007, tepat setelah saya lulus sekolah dasar. Saya mulai menulis blog tahun 2008. Pada jaman itu tampilan platform blogging masih minimalis. Saya ingat masa itu sebagai masa yang cukup menyenagkan. Merasa jadi penulis hebat ketika memposting tulisan pertama. Saat itu saya berfikir menjadi blogger itu keren.

setelah saya tahu bagaimana dunia blogging yang sebenarnya. Saya merasa masih jauh dari impian. Dunia yang sangat kompleks dengan SEO, Analytics, sandbox, page 1 search engine, dan sejenisnya. Banyak situs-situs yang memberikan tutorial dan/atau guide tentang bagaimana menjadi blogger yang baik. selama beberapa waktu saya mengikutinya. Tapi, cara seperti itu membuat saya jenuh. Saya seperti di doktrin untuk menjadi page 1 SE untuk mendapat penghasilan yang berlimpah. Tujuan saya berubah, yang semula hanya inggin menjadi se-seorang yang keren dimata anak seusia saya waktu itu menjadi Pasif income, dll jadi tujuan saya kali ini. Semangat blogging saya menjadi semakin kendor lama-kelamaan. saya jadi mencoba melakukan segala cara untuk mendapat tujuan saya yang baru ini. Pasif income, itu yang ada dikepala anak smp mata duitan yang jelek dan ga keren ini. Saya jadi mencoba melakukan segalahal yang ada di situs-situs tutorial yang berlabel “sukses lewat internet” itu. Dari mulai survey online, klik iklan, nulis capcay, dan sebagainya saya pernah coba. Tapi hasilnya, nol.

Memang cara seperti yang dijelaskan di situs-situs tersebut baik dan “mungkin” berhasil buat sebagian orang. Tapi perlahan saya sadar itu bukan saya. Berfikir tentang materi itu tidak salah, tapi tidak semua yang difikirkan harus materi kan. Tujuan saya dahulu mungkin tidak tepat saya pakai untum sekarang. Tujuan nulis untuk terkenal, jika mau terkenal buat vidio bugil sambil naik motor juga bisa terkenal. Jika nulis untuk dapat income atau penhasilan, duduk di terotoar sambil menadah juga dapat pemasukan.

Jadi apa tujuan kamu sendiri menulis?
Jika sekarang saya ditanya seperti itu, saya lebih tepat menjawab untuk kepuasan diri.

Saya pernah membaca tulisa dari mbak dokter nita yang mengatakan jika pengunjung setia blog anda adalah anda sendiri. Sebelum orang lain membaca tulisan anda pastinya anda membaca dulu tulisan anda. Jadi apakah anda akan mengecewakan pengunjung setia itu?

Setelah anda, pengunjung lain adalah orang yang membaca tulisan atau postingan anda. Jadi bukan mesin search engine lah yang harus di utamakan. Percuma banyak keyword basah atau iatilah semacamnya jika orang yang mengunjunggi blog tidak puas dengan apa yang di peroleh.

Masalah robot search engine, menurut saya itu nomor belakang. Karena tujuan menulis saya adalah kepuasan, bukan memuaskan search engine.

Kalo anda apa tujuan nulisnya?

Tinggalkan Balasan

