(curhat) Introvert dan ekstrovert

Waaaah, lama saya tidak buka-buka dan menulis sesuatu, blog ini berasa seperti berdebu. Hehehe

   Beberapa waktu ini saya bisa dibilang sibuk (sok sibuk 😂 ). Bukan sibuk studi atau kerja sih, tapi lebih tepatnya cari kerja. Dan itu susah bener 😥 apalagi buat seorang yang cuma lulusan SMA.

Okeh curhatnya cukup. Untuk kali ini saya mau ngobrol tentang kepribadian. Yang rasanya masih hubungan​ dengan kesibukan ane kemarin. Seperti yang dibicarakan orang bijak klo setiap manusia itu unik. Kita memiliki sifat dan cara pikir yang berbeda-beda​. Ada yang mudah bergaul atau biasa orang bilang si ekstrovert, dan ada pula yang pemalu atau si introvert.

Ada yang bilang orang ekstrovert lebih mudah diterima oleh masyarakat karena pandai bergaul dari pada orang Introvert yang penyendiri. Ada juga yang bilang klo orang ekstrovert lebih spontan dari pada orang Introvert yang tenang. Di luar dari yang dikatakan orang, Apapun sifat kita, kita musti selalu berfikir positif dan melakukan yang terbaik kan.

Yang bilang kalo si introvert itu pemalu, menurut saya itu kurang tepat. “Pada kenyataannya, seseorang yang introvert bukan takut pada pertemuan sosial seperti seorang pemalu. Berbeda dengan ekstrovert yang spontan, tipe kepribadian introvert mungkin terlihat pemalu karena cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir dahulu sebelum bicara.”(google :mrgreen:)

Jadi sebelum bertindak, kita lebih cenderung berfikir dulu. Apa yang akan kita utarakan dan apa dampak yang akan terjadi. Kalo kita rasa tidak penting lebih baik diam. Jadi kesannya kita pendiam. Seorang Introvert juga lebih baik diam dan berfikir untuk mendapat gagasan. Berbeda dengan saudara ekstrovert yang memilih berdiskusi untuk mendapatkan ​gagasan.

Kita sama-sama ​memiliki cara sendiri untuk memecahkan masalah. Tapi pada kenyataannya biasanya perusahaan lebih cenderung memilih orang yang punya kepribadian ekstrovert untuk bergabung. Padahal seorang yang Introvert juga bisa beradaptasi.

Saat interview kerja biasanya orang yang Introvert kurang nyaman karena minder. Mungkin ini yang membuat gagal. 😥
Jika orang yang ekstrovert gimana ya?.

Menurut buku yang pernah saya baca, Sebenarnya semua orang memiliki kedua kepribadian tersebut. Tapi kepribadian mana yang lebih dominan.

Iklan

Satu pemikiran pada “(curhat) Introvert dan ekstrovert

  1. Introvert yang percaya diri/nggak minder bahkan songong juga banyak lho. Hahaha. Saya sebagai seorang yang didominasi introversion justru ngerasa lebih nyaman diinterview orang asing (HRD gitu) daripada ditanyain tetangga.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s