Tertipu dengan tarif pos Indonesia

Membaca judul di atas mungkin terlihat terlalu lebay. Tapi, mungkin benar begitu yang saya rasakan beberapa hari yang lalu saat saya mengunakan jasa pos Indonesia dengan jenis kiriman pos kilat khusus.

Awalnya saya berniat mengirim dokumen kelengkapan administrasi pendaftaran kuliah ke kampus yang ada di malang. Maklumlah, meski masih belum bekerja dan hanya

bermodalkan kenekatan saya mendaftar kuliah karena inggin sekali menambah ilmu. Karena kendala jarak dari tempat saya di Pasuruan saya mendaftar lewat online dan hendak mengirim kelengkapan lewat kurir.

Dari situlah saya mencari referensi jenis pengiriman apa yang paling terjangkau di kantong. Setelah saya browsing dan Googling ke berbagai situs jasa pengiriman. Tidak lupa pula saya mengunjungi websitenya pos Indonesia yang beralamat di posindonesia.co.id

Setelah saya periksa tarif kiriman,

saya langsung berminat dengan jenis pelayanan yang di berikan oleh perusahaan pengiriman milik pemerintah ini.

Bagaimana tidak. selain karena menjadi perusahaan pengiriman tertua yang pasti berpengalaman. tarif kiriman yang saya lihat di situsnya bisa dibilang terjangkau dan sangat ramah dikantong. Dari tempat saya ke kampus tujuan di malang tarif yang tertera adalah Rp.9.500 untuk jenis pelayanan surat kilat khusus Yang tercatat.

Tanpa pikir panjang saya langsung menuju kantor pos untuk melakukan pengiriman. Di kurir lain tarif yang saya lihat lebih mahal dari itu.

Setelah saya menerangkan maksud saya pada petugas. Petugas tersebut langsung memberikan keterangan kepada saya bahwa tarif pos kilat khusus adalah Rp.15000 untuk tujuan saya. Loh, kok gak sama dengan yang tertera di situsnya?.

Dengan wajah kebingungan dan hati rada jengkel saya menanyakan hal itu kepada petugas itu. Karena di tipi-tipi sekarang marak yang namanya pungli, dalam pikiran saya petugas itu sedang mencoba melakukan pungli. Saya menanyakan hal itu kepada petugas Tapi petugas mengelak dan mengatakan hal itu tidak mungkin karena semua tarif akan tercatat di resi kiriman. dengan penjelasan itu saya merasa lega karena tidak ada pungli. Sayapun setuju dengan kiriman itu karena sudah terlanjur masuk kantor pos dan dokumen saya harus segera dikirimkan.

Dan ternyata benar. Tarif yang tertera pada resi kiriman adalah Rp.15000 seperti yang dikatakan oleh petugas. Ini apa yang terjadi?. Setelah di teliti ternyata ada tambahan tarif yang tertulis di resi yaitu tarif HTNB yang nominal Rp.5600. saya cari di internet ternyata kepanjangannya adalah
Harga Tanggung Nilai Barang. Semacam asuransi dari PT.pos Indonesia. Tentang perhitungannya katanya 0,24% dari nilai barang kita. Tapi mungkin untuk kasus dilapangan biasanya petugas hanya mengira-ngira berapa nilai dari barang kita.

Memang benar, asuransi untuk barang kita memang penting. Apalagi jika kita mengirim barang atau dokumen yang sangat berharga.

Tapi mungkin yang saya sesalkan adalah kenapa tarif yang ada di situs tidak sama dengan realisasi yang ada di lapangan. Memang 5000 rupiah bukanlah nilai yang besar. Tapi bagaimana jika konsumen dari pos Indonesia adalah pelaku bisnis online? Maka penjual harus menjelaskan tentang hal ini dulu kepada pembeli. Bukanya pembeli biasanya mengecek sendiri tarif di situs kurir Dan hal ini dikuatirkan akan berakibat pada kurang percayanya pembeli kepada penjual karena tarif yang ada di situs pos Indonesia tidak sama dengan tarif yang di tuturkan oleh penjual.

Mungkin benar pada cek tarif ada form nilai barang. Tapi tertulis dalam situs itu sifatnya opsional dan saat pengiriman tidak ditanyakan oleh petugas tentang nilai barang. Dan lagi, saat keluar hasil cek kiriman di situs yang tertera cuma nilai total tarif kiriman tanpa di jelaskan tentang biaya HTNB.

Semoga di kemudian hari pos Indonesia dapat lebih berbenah.

Nb: tulisan ini di buat hanya untuk berbagi pengalaman dan tidak bermaksud untuk menyingung dan menjelekan atau merugikan pihak manapun.
Tulisan ini murni hasil pengalaman pribadi.

5 pemikiran pada “Tertipu dengan tarif pos Indonesia

Tinggalkan Balasan

