musim tanam yang basah

kuli cangkul telah menyelesaikan tugasnya, bibit awal nampaknya juga sudah siap pindah. waktunya saya upgrade profesi dari pelaksana tanam pembibitan menjadi pelaksana penanaman, semacam naik pangkat lah hehehe. maklum newbi farmer jadi belum berani ambil resiko tinggi untuk menyerahkan semua pekerjaan kepada tenaga bantu, selain biaya yang masih minim, saya juga melakukan ini supaya tidak ngangur toh :p . lagi pula kalo pengeluaran tidak saya tekan, gimana saya mau dapat hasil.

bulan desember, seperti yang kita ketahui klo di negara kita ini jika menginjak akhir tahun pasti musim hujan. dimana-mana becek, kemana-mana basah, yah itulah resiko petani yang setiap harinya ada di ruang terbuka, tapi itulah kesenangannya. tanaman hasil pibdahan dari media pembibitan memerlukan tanah yang memiliki kadar air tinggi untuk bisa tumbuh dan membentuk akar baru. jadi saya gak perlu nyiram lagi, bukan hanya tanaman saya juga ikut kesiram jadi gak usah mandi deh hahahahajim (bercanda bro, masa dari kebun gak mandi).

kadang kala saya harus mengalah dengan hujan, jika paginya hujan saya harus tanam ini bibit agak sore, entar klo pagi di paksa tanam ane sakit gimana? siapa yang ngurus wong ane jomblo :p *curhat dikit. begitu juga sebaliknya jika terlihat pagi yang cerah, pagi-pagi sekali saya pergi ke kebun kuatir siangnya hujan.

perkiraan tahah yang saya garap ini mampu menampung 7000 bibit tanaman gubis yang semoga saja panen nanti harganya pas tinggi, jadi saya bisa dapat untung lumayan, bisa buat benerin gigi ane yang gingsul hahaha.

sebenernya sistem tanam saya ini pembagian, maksudnya saya hanya modal tenaga dan tanah, selepas itu semua biaya dulu saya mencari rekan (maklum petani beginner) 2 orang teman saya. jadi nanti serelah di ambil modal awal hasilnya dibagi 3, yah lumayan lah daripada ngangur 😀

sekarang saya baru menanam sekitar 3500 bibit jadi kurang setengah lagi, tetap semangat. horas

mungkin itu saja catatan ane sekarang. buat yang baca ini dab berfikir no pic = hoax saya bilang lagi kalo hp saya cina jadi kurang bagus kalo buat poto. tapi saya janji kalo itu tanaman saya sudah besar saya poto. klo sekarang masih kecil jadi malu.

eh iya harga gubis dari petani sekarang rendah cuma 800 rupiah per kilo semoga pas panen nanti bisa tinggi selangit :p

Iklan

Satu pemikiran pada “musim tanam yang basah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s