susah senang jadi petani jilid2

hah, rasanya saya sudah lama tidak nulis di sini. karena kesibukan sehari-hari (sekarang gue jadi petani di kebun bray). yang tidak di sangka sangat melelahkan sehinga sangat menguras tenaga. ternyata begini susahnya jadi petani.

pekerja yang bertugas mencangkul sudah setengah lahan, sekarang waktunya mulai menyemai bibit. yap, biji gubis ternyata harus di semai dulu baru nanti jika sudah siap di pindah ke lahan utama. lahan untuk penyemaian pun tidak membutuhkan lahan yang luas, untuk satu amplop bibit yang rata-rata isi 3000 bibit gubis hanya butuh tanah persegi panjang dengan luas 50×250 cm.

untuk penyemaian, sebenarnya kita bisa membeli bibit gubis jadi yang siap tanam di lahan utama, tapi karena dengan dasar ingin belajar (hemat karena dana minim), saya inisiatip untuk menyemaikan bibit sendiri.

seperti biasa, saat fajar baru menyapa dari ufuk timur, suara melengking khas emak sudah terdengar dengan tujuan membangunkan saya dari sisa-sisa mimpi semalam.

berbekal nyawa yang masih setengah, saya mengambil cangkul yang di gantung di belakang dapur lalu berjalan ke belakang rumah. dengan semangat yang mengebu saya langsung mencangkul sebidang tanah yang tidak begitu luas untuk lahan tempat semi bibit gubis nanti (ane cangkul sendiri).

untuk persiapan bibit, saya mempersiapkan 2 amplop gubis yang kira-kira akan jadi 6000 bibit gubis, itu bisa kurang atau lebih.

setelah saya selesai mencangkul, saya tabur bibit di tanah olahan tadi. karena sekarang musim hujan, saya tutupi tanah yang ada bibitnya tadi dengan daun pisang, tujuanya agar bibit tidak terkena air hujan dan hilang terbawa air.

mungkin itu saya cerita saya hari ini, maaf gak ada pic karena kamera saya jelek, maklum hp cina.

Tinggalkan Balasan

